Wednesday 29 October 2008

Efek Rumah Kaca

Udah lama sebenernya gw pengen nulis tentang band ini, tapi baru sekarang kesampaian. Oya, ini bukan review ya, karena kalo review pastinya udah amat sangat terlambat dan bisa jadi sangat subjektif. Hehe...

Pertama kali gw tau ada band bernama Efek Rumah Kaca(ERK) bulan Desember tahun 2007. Waktu itu gw sedang baca majalah dan di halaman review album, ERK dapet porsi paling gede. Disitu gw baca kalo band ini adalah band yang sadis namun dengan cara yang indah(penggambaran yang menurut gw sih 100%tepat). Terus sekitar bulan Maret, gw denger sebuah lagu yang liriknya sangat menyindir band-band mainstream. Judulnya Cinta Melulu dan ternyata... lagu ini dibawakan oleh ERK. Sejak itu gw mulai suka dengan band ini dan nyari-nyari CDnya. Tapi, baru bulan September kemaren gw dapet tuh CD. My first original CD lho! Bwehehe...(ketauan deh kalo selama ini gw sering beli yang bajakan).

Yang pasti sejak pertama kali gw beli, selalu CD itu yang gw puter. Tiap hari. Tiap pagi menjelang kuliah, tiap malem pas mau tidur. Tiap lagi bengong, lagi suntuk, lagi BT, lagi seneng, dan lagi depresi(alah...). Bukan cuma itu, hidup gw jadi terinfluence dengan lagu-lagu mereka. Menurut gw, mereka bisa mewakili apa yang ada di pikiran gw, tapi nggak bisa gw ungkap secara verbal. Contohnya di lagu Melankolia. Atau lagu Desember yang menurut gw sangat manis, tapi kelam. Lagipula ini lagu curhat gw sih, yang sedang menanti seseorang. Hehe... Atau Cinta Melulu dan Jatuh Cinta Itu Biasa Saja. Keempat track ini adalah favorit gw. Tapi bukan berarti lagu lainnya nggak gw suka. Semua lagu, mulai dari Jalang sampai Desember, semuanya gw suka. Musiknya minimalis, personilnya cuma 3, video klip lagunya bagus dan terutama liriknya itu lhooo....jenius banget!!!

Apalagi lirik lagu Melankolia. Lirik ini menurut gw sangat-sangat jenius "nikmatilah saja kegundahan ini, segala denyutnya yang merobek sepi, kelesuan ini jangan lekas pergi, aku menyelami sampai lelah hati". Oh my... lagu ini membuat gw semakin senang menyendiri. Semakin anti sosial. Semakin murung. Berlebihan? Mungkin nggak. Gw udah terlalu lama ngerasain hal ini, sejak kelas 3 SMP. Dan gw udah terbiasa dan nggak mau keluar dari situasi seperti ini.

Gw pikir cuma gw sendirian yang terinfluence oleh band ini, ternyata nggak. Pas searching di gugel, gw nggak sengaja nemu blog ini dan ternyata pengalaman dia mirip2 dengan gw. Hehe...

Yang pasti baru kali ini gw terinfluence oleh sebuah band, band Indonesia pula. Nggak, gw nggak melecehkan band2 Indonesia, tapi liat aja band2 mainstream jaman sekarang. Tema musiknya terlalu monoton dan mendayu-dayu. Kalau yang indie sih masih mendingan. Bukanya gw sok2an nggak suka dengan band Indonesia dan lagu cinta yang dibawakan mereka(gw aja suka banget ama lagunya Jagostu yang Mau Tak Mau), tapi kalau tema yang diangkat itu-itu saja dan dengan kualitas musik yang payah, siapa juga yang doyan? Iya gak? Iya aja deh biar gw seneng.



Oya, di Myspace ERK, katanya tangggal 8 November nanti ERK bakal manggung di SMA 2 Depok dan tanggal 16 November juga mereka bakal manggung di UIN. Yang pasti: Gw-harus-dateng(apalagi yang di UIN. hehe...).

No comments:

Post a Comment